viral marketing

Contoh Viral Marketing yang Bisa Menjadi Inspirasi Anda

Pernahkah Anda melihat iklan, video, atau konten media sosial suatu brand yang viral dan dibicarakan di media sosial? Tahukah Anda, hal tersebut merupakan salah satu strategi marketing, loh! Strategi itu disebut sebagai viral marketing. Terdapat beberapa contoh viral marketing yang bisa menjadi inspirasi Anda dalam melakukan digital marketing. Namun, sebelum itu, Anda harus tahu apa itu viral marketing, karakteristik, dan cara kerjanya.

Apa itu Viral Marketing?

Viral Marketing adalah teknik penjualan yang melibatkan informasi organik atau dari mulut ke mulut tentang suatu produk atau layanan dari suatu brand. Viral sendiri merujuk pada sesuatu yang menyebar dengan luas dan cepat. Teknik ini secara sengaja dibuat untuk menarik perhatian khalayak dan membuat konten marketing tersebut menjadi viral.

Seperti strategi marketing pada umumnya, viral marketing bertujuan untuk meningkatkan brand awareness, menjangkau lebih banyak konsumen, hingga meningkatkan penjualan. Dengan kemasifan internet dan media sosial saat ini, viral marketing dinilai ampuh untuk mencapai tujuan tersebut.

Walaupun berpotensi mendapat lebih banyak atensi dari audiens, viral marketing memiliki risiko jika tidak dikonsep dengan baik. Ada kemungkinan konten atau pesan yang ingin disampaikan justru malah disalahartikan atau diparodikan oleh audiens. Dengan begitu, strategi ini tidak hanya memanfaatkan keviralan saja, tetapi juga harus mempertimbangkan nilai yang akan diterima oleh audiens.

Karakteristik Viral Marketing

Viral marketing memiliki tiga poin utama, yaitu pesan yang dibawa, pembawa pesan, dan lingkungan yang menerimanya. Ketiga poin tersebut harus diperhatikan agar viral marketing dapat berjalan dengan sukses.

Anda dapat memanfaatkan berbagai media untuk melakukan viral marketing, seperti foto, ilustrasi, email, dan video. Buatlah konten yang dapat menarik emosi audiens dan membuat mereka membicarakan konten tersebut. Dengan begitu, mereka akan lebih mudah mengenal produk Anda.

Kemajuan internet dan media sosial saat ini juga dapat menunjang keberhasilan viral marketing. Hanya dalam sekali klik, konten Anda akan mudah tersebar luas. Selain itu, viral marketing juga tidak memakan banyak biaya karena tanpa diminta pun audiens akan menyebarluaskan konten marketing Anda.

Cara Kerja Viral Marketing

Pada dasarnya, viral marketing dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. Anda hanya harus membuat konten yang menarik di media sosial dan mempromosikannya. Setelah itu, Anda tinggal menunggu reaksi audiens yang akan dengan cepat membagikan konten tersebut.

Walaupun terlihat sederhana, viralitas tersebut nyatanya tidak dapat diukur. Selain dilakukan dengan sengaja, ada pula konten yang menjadi viral karena tiba-tiba menjadi populer di media sosial.

Apapun cara yang Anda gunakan, jangan pernah melakukan spamming atau membagikan konten secara berlebihan. Alih-alih mengirim konten secara berulang, strategi terbaik adalah menemukan momen yang tepat untuk membuat konten tersebut menjadi viral.

Contoh Viral Marketing yang Bisa Menjadi Inspirasi Anda

1. BTS Meal

Sumber: Instagram @mcdonaldsid

Salah satu cara untuk melakukan viral marketing adalah berkolaborasi dengan artis ternama, seperti yang dilakukan oleh restoran fast food Mc Donald’s. Mereka merilis menu BTS Meal yang merupakan hasil kolaborasi dengan BTS, boyband asal Korea Selatan. Menu yang terdiri dari minuman, kentang goreng, chicken nugget, dan dua varian saus spesial tersebut disambut meriah oleh para Army, fans BTS.

Tidak hanya soal keviralan, produk tersebut juga menjadi bukti dari strategi Mc Donald’s untuk mendongkrak kembali penjualan yang anjlok akibat pandemi. Kolaborasi tersebut bisa menjadi satu pilihan untuk melakukan viral marketing. Tidak hanya menguntungkan perusahaan, cara ini juga akan menguntungkan bagi artis yang diajak berkolaborasi dan para fansnya.

2. Shopee X ‘Ikatan Cinta’

Sumber: shopee.co.id

Selain kolaborasi, melibatkan artis sebagai brand ambassador juga bisa menjadi cara yang patut dicoba untuk melakukan viral marketing. Salah satu brand yang menggunakan strategi ini adalah Shopee. Mereka menggandeng Arya Saloka dan Amanda Manopo yang merupakan pemeran Ikatan Cinta, sinetron yang saat ini sedang populer, sebagai brand ambassador mereka.

Selain menjadikan mereka sebagai brand ambassador, Shopee juga mengadakan TV show semacam drama musikal yang diperankan mereka berdua. Shopee juga membuat hashtag khusus untuk meramaikan kolaborasi mereka dengan pemeran Al dan Andin tersebut. Dari cara ini, mereka tidak hanya meningkatkan brand awareness dan penjualan, tetapi juga engagement di media sosial mereka.

3. Permen Kopiko di Drama Korea Vincenzo

Sumber: YouTube Ai Maulida

Mengiklan produk melalui tayangan sinetron bisa dibilang sebagai cara baru dalam marketing, seperti yang dilakukan oleh Mayora. Produsen makanan dan minuman tersebut mengiklan salah satu produknya, yaitu permen Kopiko, dalam drama Korea (drakor) Vincenzo.

Kemunculan Kopiko tersebut sontak membuat penggemar drakor terkejut sekaligus bangga ada produk Indonesia yang diiklankan dalam drakor. Tidak hanya menjadi viral, hal tersebut juga membawa keuntungan bagi perusahaan. Setelah tayangan tersebut, harga saham Mayora naik 30 poin atau 1,16 persen ke posisi Rp2.620 per lembar dengan nilai kapitalisasi mencapai Rp58,58 triliun.

4. Iklan Marjan Setiap Ramadan

Sumber: Instagram @marjanboudoin

Selain menjual produk, Anda juga dapat memberikan value lain berupa pesan atau iklan ikonik yang akan selalu diingat oleh konsumen. Ini juga menjadi cara untuk melakukan viral marketing. Salah satu brand yang menggunakan cara ini adalah Marjan.

Brand dari produk sirup ini setiap bulan Ramadan selalu menayangkan iklan TV yang khas. Uniknya, iklan tersebut selalu memiliki tema cerita yang berbeda setiap tahun dan memiliki beberapa episode. Strategi ini membuat iklan Marjan dianggap sebagai ikon bulan Ramadan.

Itu tadi ulasan mengenai contoh viral marketing beserta penjelasannya. Setelah membaca artikel ini, apakah Anda mulai terpikir untuk melakukan strategi viral marketing? Jika Anda masih ragu, Anda dapat mengkonsultasikannya pada Bokatan Digital sebagai digital marketing tepercaya. Hubungi segera!

Tentang Penulis

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *